Oktober 23, 2024

 

Mataelangindonesia.com – Babel,  di Bangka Barat –
Komandan Kodim 0431/Bangka Barat, Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval, M.Han beserta Ketua Persit KCK Cab LV Kodim 0431/Bangka Barat dan seluruh personel berhasil memanen cabai dan bayam di Lahan Ketahanan Pangan Kodim 0431/Bangka Barat di Kecamatan Mentok. Selasa, 23 Juni 2023, menjadi hari istimewa itu tadi di mana berbagai jenis sayur-sayuran berhasil dikumpulkan pada lahan seluas kurang lebih setengah hektare tersebut.

Dandim 0431/Bangka Barat mengungkapkan bahwa program Lahan Ketahanan Pangan ini telah dimulai sejak 2021 lalu. Tujuannya adalah untuk mendukung program Ketahanan Pangan Pemerintah Pusat dan menjadi prioritas nasional dalam RPJMN 2020-2024. Instrumen pertahanan negara yang digunakan untuk memberdayakan personel bercocok tanam sayur-sayuran ini dirasa sudah berjalan dengan baik. “Ini yang menanam anggota kita, sudah tiga bulan dan alhamdulilah hari ini sudah bisa dipanen,” ujar Dandim 0431/Bangka Barat.

Di samping memanfaatkan lahan yang ada, bercocok tanam dengan berkebun juga bisa memetik hasilnya. Kodim 0431/Bangka Barat juga mendukung program ketahanan pangan pemerintah dengan membentuk lahan ketahanan pangan. Acara memanen cabai dan bayam ini pun menjadi wujud nyata dari dukungan itu.

Dalam acara tersebut Dandim Kodim 0431/Bangka Barat berharap lahan ketahanan pangan ini akan terus berkembang, dengan menambah jenis sayuran lainnya sehingga manfaatnya akan lebih luas dan tidak hanya bagi Kodim sendiri tetapi juga untuk masyarakat sekitar. Kodim 0431/Bangka Barat meminta dukungan publik agar program ini tetap berlanjut dan dapat terus ditingkatkan. Semoga, dengan adanya program ini, ketahanan pangan dapat tercapai dan masyarakat dapat menikmati hasil panennya.  (Sadiman)

Editor : Aslam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *