Oktober 23, 2024

 

Mataelangindonesia.com – Lahat Sumsel, Sejumlah wilayah di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) dikepung banjir dan tanah longsor, Kamis (9/3/2023) pagi.

Banjir terjadi akibat curah hujan yang tinggi mengakibatkan Sungai Lematang meluap dan merendam rumah kemudian sebagian bangunan yang berada dipinggir sungai juga ada yang terseret air,Terlepas dari kondisi cuaca extrim tanah dan hutan resapan juga bisa menjadi penyebab bencana ini
diakibatkan penebangan hutan secara liar.

Setidaknya ada beberapa wilayah di Kabupaten Lahat yang dikepung banjir meliputi Kecamatan Pulau Pinang, Kecamatan Jarai, Kecamatan Mulak Ulu, dan sejumlah daerah lain yang terdampak bencana banjir

Sementara itu, Sukarelawan mengatakan, mayoritas wilayah Lahat diguyur hujan deras. “Ada kenaikan debit (air) di semua wilayah,” ucapnya.
Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan penanganan dan pendataan sementara belum ada laporan korban jiwa di beberapa titik wilayah banjir dibantu aparat dan warga .

Selanjutnya dia mengimbau kepada warga khususnya di Kabupaten Lahat yang berada dititik rawan banjir dan tanah longsong agar tidak panik, namun tetap waspada akibat cuaca eskrim yang berpotensi terhadap bencana  banjir maupun tanah longsor.  (Arwin)

Editor : 01 Aslam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *