Oktober 22, 2024

 

 

Mataelangindonesia.com – Babel, Tepatnya pada hari Minggu tanggal 16 April 2023 masyarakat dusun Tebing Tinggi Desa Riding Panjang Kecamatan Merawang mengadakan gotong royong di jalan seputaran masjid Ash Shodaqoh, yaitu jalan Bukit Kepoh.

Gotong royong tersebut adalah kerjasama pemerintah dusun Tebing Tinggi dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ash Shodaqoh, dengan melakukan penyemenan (plaster) bagian pinggir jalan, melibatkan DKM, Remaja Masjid, Tokoh agama dan Tokoh Masyarakat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan akibat animo masyarakat dusun Tebing Tinggi melaksanakan sholat tarawih membludak sampai teras maka diprediksi saat sholat ‘Idul Fitri masjid tersebut bakal tidak mampu menampung jama’ah.

Dodi selaku ketua masjid mengatakan, Alhamdulillah antusias masyarakat untuk mengikuti sholat tarawih cukup tinggi untuk tahun ini, maka kami memprediksi saat sholat Id nanti jama’ah tidak akan tertampung di dalam masjid.

Untuk itulah kegiatan ini dilakukan untuk antisipasi jika terjadi lonjakan jama’ah, sehingga mereka dapat lebih nyaman melaksanakan sholat Idul Fitri walau di atas jalanan tambah Dodi.

Saryanto selaku kepala dusun mengakui cukup banyak jama’ah yang mengikuti sholat tarawih, dan memprediksi bahwa pelasanaan sholat Id masjid bakal operkapasitas, maka saya mendukung kegiatan ini dengan mengerahkan semua lapisan masyarakat serta mencari bantuan semen dan pasir untuk penyelesaian penyemenan pinggiran jalan sepanjang masjid ini. Tukas Yanto, sapaan akrap kadus Tebing Tinggi.

Salah seorang warga yang tidak mau disebut namanya mengatakan, Masya Allah tahun ini jama’ah sholat tarawih masjid Ash Shodaqoh membludak bahkan sampai ke teras. Dan keadaan ini cukup bertahan hingga saat ini, walau mungkin tidak sampai ke teras lagi.

Bukan tidak mungkin pelaksanaan sholat Id, jama’ah akan bertambah banyak, oleh katena itu saya mengapresiasi dan ikut serta dalam gotong royong ini, karena dalam waktu dekat sebagai persiapan pelaksanaan sholat Idul Fitri dan jangka panjangnya penyemenan ini dapat mengurangi gerusan air ketika hujan lebat dan lingkungan masjid khususnya kelihatan lebih bersih, tambahnya. (Sadiman)

Editor : 01 Aslam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *